Monday, April 18, 2011

Blata, Duet Trail dan Supermoto dari Megelli


Mungkin merek sepeda motor Blata belum pernah kita dengar, tapi kalau menyebut Megelli pasti langsung paham. Nah, Blata ini adalah merek dibawah naungan Megelli. Bedanya, Megelli diciptakan untuk model sport, sedang Blata punya desain motor penjelajah ada trail dan supermoto.

Desain Blata versi Enduro dan Supermoto sama persis, keduanya dibedakan hanya pada pilihan roda. Versi enduro pakai ban pacul, sedang yang supermoto pastinya pakai ban aspal.

Secara desain memang cukup unik dan tidak seperti trail kebanyakan. Coba perhatian tanki dan joknya, umumnya trail punya jok yang landai memanjang dari depan sampai ke buntut. Tapi pada Blata malah mirip motor sport street fighter.

Begitu juga dengan rangkanya. Sub frame bagian belakang yang umumnya dibuat ramping, dan tertutup oleh cover bodi yang bisa digunakan jadi nomor start tidak terlihat pada Blata. Motor ini justru menonjolkan sasisnya yang lebar sebagai aksen yang mampu menampilkan kesan kekar.


Makin menarik saat melihat desain knalpotnya. Bentuknya kompak dengan tabung gepeng yang juga berfungsi jadi spatbor dalam sepeda motor. Sedang silencernya dibuat mungil di bawah jok.

Sedang sumber tanaganya, Blata dipersenjatai dengan mesin satu silinder dengan power mencapai 15 dk. Torsinya lumayan besar, mencapai 10,6 Nm. Sedang transmisinya 6 percepatan. Lumayan kan! Setidaknya mampu bersaing dengan Kawasaki KLX 150 atau D-Tracker 150.

Namun saat ditanya kemungkinanya masuk ke Indonesia, pihak PT Minerva Motor Indonesia (MMI), ATPM Megelli di tanah air mengaku belum ada rencana. "Itu territory-nya Megelli, Saya belum tahu," ungkap Apong Arfiansyah, general manager sales & marketing PT MMI.

(motorplus-online.com)

No comments:

Post a Comment