Monday, April 18, 2011

Hebat! Ayo Tebak Mobil Apa Ini?

Ide liar dan keberanian Ivan Mario Kaloh layak dipuji. Anda tak menyangka kalau mobil ini aslinya Honda Nouva produksi 1991. Dari cermati sisi manapun, tak ada lagi identitas dari kendaraan hatchback dua pintu tersebut. Karerna hampir seluruh bodi dimutilasi dan dibuang.

Menariknya, bagian tengah mobil yang kena potong diisi halfcut Honda CRX. Rangka juga digarap untuk dilakukan penyesuaian. Proses pengerjaan bodi dan rangka, menurut Henry Dian - modifikator dari Dian Mobil - menggunakan mesin Cellete yang umumnya digunakan untuk repair body. Pengerjaannya memakan waktu sampai 9 bulan.


Dari tampilan eksterior, ada permainan wide body. "Pemekarannyakira-kira 20 cm. Proses dilakukan menggunakan pelat galvanis setebal 0,8 mm," terang Henry. Pembuatan lampu belakang, lanjut Hendry agak sulit. Karena, memilih opsi custom, sehingga sampai 6 kali mengalami kegagalan menemukan bentuk.

Pembuatan bodi yang cukup rapi berkat pelapisan dempul yang tipis, lalu dibalur cat merah dari Speies Hecker. Karena ada pemotongan pada bagian tengah, firewall pun dimajukan 40 cm, agar mesin B16 VTEC bertransmisi matik - juga bawaan CRX - bisa dibenamkan.

Beberapa ubahan dilakukan agar performa dapur pacu B16 bisa maksimal. Untuk mendapatkannya, piston menggunakan kompresi rendah buatan Taikin supaya dapat berpadu denhgan turbo 45V2 dari Nissan Skyline. Untuk mengimbangi kebutuhan suplai bensin yang cepat, ditanamkan ekstra injektor 450 cc.

Hasilnya, tenaga dapur pacu naik dari 115 HP menjadi 205 HP. Bisa mengatasi bobot kendaraan yang berat karena pada ruang kabin dijejali audio. Belum lagi pemakaian velg Kranze Cerberus ukuran 19 inci.

http://nagamotor767.blogspot.com/2009/12/hebat-ayo-tebak-mobil-apa-ini.html

No comments:

Post a Comment