Sunday, April 24, 2011

Honda Vario, Captain Amerika


Konsep low rider yang diinginkan Andhika Gondrong pada Honda Vario miliknya cukup detail. Selain memundurkan lengan ayun hingga jarak 25 cm, undur-undur pun musti ditopang peredam kejut tambahan. Tepatnya di antara rangka bawah dan bagian depan mesin.

Kata Joko Asmoro, modifikator All Higam Modified (AHM), penambahan sok di sebelah kanan punya maksud dan tujuan agar gerak arm yang sudah dibikin mulur itu tidak melayang saat berayun. Sehingga bekerja sama seperti sok di sebelah kiri yang dipasang pada rumah CVT.

“Cuma bedaya, sok tambahan di sebelah kanan dan dipasang di undur-undur, tugasnya meredam dan menahan mana kala mesin dan rumah CVT bergerak. Makanya ndak terasa ngambang,” tutur modifikator beralamat di Jl. Kaliurang, No. 42, Malang.

Namun ini kali tema yang diusung jauh berbeda. Jika umumnya tunggangan khas wong Amrik keturunan Amerika Latin cenderung klasik atau pop art, Andikha justru memilih konsep modern dengan memunculkan identitas sosok Captain Amerika.

Lihat saja kelir bendera Negara Paman Obama yang dominan menghias di sekujur bodi. Bahkan sosok kokoh pahlawan Amerika ditunjukan dengan menerap body kit di beberapa bagian komponen. Di antaranya tebeng depan dan bawah bordes.

Bukan hanya itu, tempat duduk boncenger pun tidak luput dari pemasangan cover bodi yang bentuknya menyerupai sirip ikan hiu. Di bagian ini terhubung dengan jok depan yang tetap mempertahankan kulit dan tatakan asli.

Uniknya lagi knalpot Remos juga dilapis cover berbahan pelat yang mirip dengan jok belakang. “Sepatbor depan belakang pun didesain sama,” imbuh Andhika yang mempercayakan urusan ini pada Karno Custom dari HOM Modified di Jl. Joyo Gren, Malang.

Makin terlihat kokoh, Vario warga Jl.Basuki Rahmad IV, Malang ini adopsi sokbreker depan variasi merek Pigo. Peredam kejut ini terikat di segitiga custom agar roda depan Deli Tire 120/70-14 bisa dipasang mudah.

Sedang pemasangan roda belakang Deli Tire 140/60-14. Kata Joko masih terbilang mudah diterapkan pada teromol custom lantaran jarak bebas tapak ban belakang ke rumah CVT masih jauh. Yang lebih penting lagi, posisi kelurusan roda belakang dengan bodi skubek. Siap grakkkk...

Detail Dan Finishing Apik

Honda Vario milik Andhika bukan cuma digarap serius di seputar bodi dan kaki-kaki. Silakan dilihat airbrush bendera Amerika yang dipilih. Dari tingkat detail dan finishing.

Tampak pada menempatkan logo utama di tebang depan, diikuti taburan bintang pada sekujur bodi. Serta garis-garis yang jadi identitas lambang sebuah negara adi daya. Kelihatan begitu dikonsep.

(motorplus-online.com)

No comments:

Post a Comment