Sunday, April 17, 2011

Hyundai Blue Kuadrat Bergaya Xbox 360

Sebagai ikon utama produsen mobil Korea Selatan, Hyundai ikut berkompetisi dengan produsen mobil Jepang mengembangkan kendaraan masa depan yaitu, listrik sel bahan bakar atau juga dikenal dengan Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV).


Mobil konsep terakhir dari Hyundai yang dipamerkan saat ini di Seoul Motor Show 2011 adalah yang disebut “Blue²” (dibaca “Blue Kuadrat” atau Inggris, “Blue Square”). Atau bisa juga kita menyebutnya Blue pangkat dua!

Untuk menggerakkan mobil, Hyundai mengggunakan motor listrik 90 kW (120PS) dengan konsumsi bahan bakar 34,9 km/liter. Nama Blue Kuadara digunakan karena mobil ini juga merupakan “blue print” bagi Hyundai untuk untuk membuat sedan masa depan.

Mobil konsep ini merupakan kombinasi dari Blue-Drive dan sub-eco-brand dari Hyundai yang menggunakan angka “2” yang diambil dari “H2”, lambang kimia hidrogen.

Konsep menarik lain dari mobil konsep ini adalah desain interior yang disebut “intersected flow”, Sekeliling bodi bagian atas Blue2 menggunakan kaca dan garis hitam cingklong. Seperti mobil konsep masa kini lain, Blue2 tidak lagi menggunakan kaca spion samping untuk mengetahui suasana di belakang mobil, tetapi diganti dengan di atas atap mobil.

Hyundai juga membanggakan sistem selamat datang yang dicangkokkan pada Blue²². Dengan sistem ini, pintu akan membuka otomatis. Sedangkan jok interior berukuran besar, menurut insinyur Hyundai bertujuan untuk memudahkan penumpang dan pengemudi keluar-masuk kabin.

TOLED
Teknologi lain yang tak kalah menarik adalah kombinasi monitor Transparent Organic Light Emitting Diode dan (TOLED) dan kaca sekurit (tempered) sangat ringan dari Gorilla Glass. Untuk infotaiment, dioperasikan dengan Motion Sensor Moustick atau sensor gerak seperti Xbox 360 yang merespon sentuhan dan gerakan tangan pengemudi.

Tambahan lain adalah untuk menyegarkan udara di interior dan menggunakan jok berlapiskan kulit anti-bakteri. Jadi Blue² adalah mobil cerdas, ramah lingkungan dan menjaga pengemudi dan penumpang selalu segar selama berada di interiornya!

http://otomotif.kompas.com/read/2011/04/07/16271941/Hyundai.Blue.Kuadrat.Bergaya.Xbox.360

No comments:

Post a Comment