Thursday, April 21, 2011

Modifikasi Yamaha Jupiter MX

“KEJUTAN SPESIAL DARI PAPA” Penulis : Wisnu B.S Sebagai bapak yang mempunyai hobi otomotif, Darwin Gultom, mengerti benar soal memanjakan buah hatinya.















Terpikir untuk memberikan suatu kejutan pas dihari ulang tahunnya nanti. Sebuah Yamaha MX keluaran 2006 akan dijadikan sebuah kado spesial yang akan diberikan kepada putrinya yang masih duduk di bangku sekolah tersebut, “Sebelumnya memang ada rencana untuk ngasih kado, tapi apa ya..”,cerita warga Citayam Depok, Jawa Barat, “Kebetulan di rumah ada Yamaha MX yang jarang dipakai”, sambungya.

Langsung terbesit dibenak dan pikiran sang bapak yang gemar nonton MotoGP itu untuk merombak total menjadi tampilan motor sport layaknya motor balap Valentino Rossi dari team Yamaha. Untuk mendapatkan kesan sport dan kekar pada motornya, proses modifikasi dipercayakan kepada Joddy Ario, builder sekaligus pemilik dari Joddy Motor Project di bilangan Jatiwaringin, Jakarta Timur.

Dengan pengalaman dan jam terbang yang tinggi, tidaklah sulit bagi Joddy yang cuma dikasih waktu sebentar untuk pengerjaannya, mengingat harus selesai sebelum hari dan tanggal ulang tahun putri dari Darwin Gultom.

Untuk mengejar tampilan sport pada motor, maka cover depan diganti dan dipasang dengan model yang mengikuti design dari Yamaha YZF-R1, sedangkan yang lainnya masih mempertahankan orisinilnya.

Warna dasar yang dominan merah dari cat keluaran Spies Hecker ditambah motif grafis warna kuning striping hitam dipinggirannya membuat tarikan sudut runcing hingga keujung buritan mempertegas lekuk dan garis bodi, disamping warna putih yang memberikan tambahan kesan sport pada tampilannya.

Pendukung lainnya didapat dengan pemasangan setang X1-R pada kemudi dan sepasang takometer Kitaco untuk indikator amper meter dan RPM untuk memantau putaran mesin.

Aplikasi yang terbaru yang diterapkan oleh Joddy Motor untuk mengejar kesan kekar pada kaki-kaki yaitu penggunaan pelek belakang dengan ukuran diameter 17” lebar 5 inch dengan jari-jari sebanyak 72 buah, bisa memuat ban ukuran 120/70-17 Delli Tire, sehingga tapak ban terlihat lebar dan gambot, yang ujung-ujungnya bikin stabil saat melaju.

Tidak luput juga aksesoris yang tidak mudah didapati, footstep underbone Yamaha Thailand sebagai pelengkap, “Barang ini kuncian terakhir gue, susah banget nyarinya”, ungkap Joddy yang harus merelakan barang berharganya itu demi kepuasaan kosumennya yang tidak sedikit merogok koceknya dalam mendandani motornya.

Di sektor mesin dibiarkan tidak mengalami perubahan, hanya penyempurnaan pengapian yang menggunakan CDI BRT Dual Band dan pemakaian kampas kopling TDR. Dengan pertimbangan keselamatan putri buah hatinya. Maka dengan itu seperangkat rem cakram Kitaco pada depan dan cakram belakang dengan merek yang sama terpasang rapi. Rupanya sang ayah sayang benar kepada putrinya soal keselamatan.

Saking sayangnya, nama dari kedua putrinya ikut ditorehkan di samping bodi motor. Kasih ibu sepanjang masa, sayang sang ayah melalui modifikasi. Jadi, arti dari kasih sayang yaitu modifikasi sepanjang masa…

http://rasya-thesilverknight.blogspot.com/2009/10/modifikasi-kejutan-spesial-dari-papa.html

No comments:

Post a Comment