Sunday, April 17, 2011

Sonata PHEV, Target Hyundai Menuju Mobil Listrik

Kendati Sonata Hibrida rencananya dipasarkan di Amerika Serikat akhir tahun lalu - kenyataan baru bisa sampai ke dealer bulan ini – di Korea pada awal bulan ini berhembus berita baru, versi plug-in atau PHEV-nya akan diluncurkan pada 2013.


Harian Korea The Chosun Ilbo (versi Inggris) memberitakan - juga dikutip berbagai kantor berita internasional lain - Hyundai Motor telah menyelesaikan proyek pengembangan (PHEV) dan direncanakan sudah bisa dipasarkan di Korea dan diekspor pada 2013.

Dijelaskan pula - berita tersebut bersumber dari kalangan industri otomotif Korea Selatan - Hyundai telah sukses membuat prototipe Sonata PHEV di pabriknya, Asan, Provinsi Chungcheong Selatan setelah tiga tahun melakukan pengembangan. Sekarang mobil tersebut sedang menjalani tes secara rahasia.

Ditambahkan pula, mengutip juru bicara Hyundai, ”Kendaraan listrik murni butuh waktu lama untuk diproduksi secara komersial. Pasalnya, jarak tempuh yang pendek dan kurangnya fasilitas tempat pengisian baterai. Karena itulah kami memutuskan memasarkan PHEV lebih dulu.”

Nah, berdasarkan informasi itu disimpulkan, target Hyundai memproduksi Sonata PHEV secara massal pada 2013 adalah langkah sebelum menuju ke era mobil listrik.

Dijelaskan pula, prototipe mobil listrik Hyundai BlueOn yang dirilis tahun lalu, hanya dibuat dalam jumlah terbatas, di serahkan kepada lembaga umum tertentu untuk tes dan penelitian.

http://otomotif.kompas.com/read/2011/04/05/09502523/Sonata.PHEV.Target.Hyundai.Menuju.Mobil.Listrik.

No comments:

Post a Comment