Wednesday, April 20, 2011

Wow, VW Bikin Skuter Listrik Untuk Pasar China


Tidak disangka, skubek listik yang nongol di Shanghai Motor Show ini adalah buatan pabrikan mobil Jerman, Volkswagen (VW). Didesain sangat kompak, ringan serta mudah dan murah dioperasikan.

Hasilnya, skuter listik yang hanya bisa membawa satu orang ini dibuat dengan material yang sangat ringan. Bobotnya tanpa baterai hanya 20 kilogram saja! Sedang baterainya menggunakan nickel-metal-hydride yang kecil dan sangat ringan.

Padahal tenaga dari motor listik 350 Watt-nya lumayan loh. Buktinya skuter listik ini mampu berlari hingga 50 km/jam dan menempuh jarak 40 kilometer dalam kondisi baterai terisi penuh.

Tapi menurut Simon Loasby, Direktur Desain di VW China, sebenarnya jarak tempuhnya bisa ditambah dengan baterai jenis lithium ion bila pasar menuntut hal tersebut. Upgrade motor listik menjadi 700Watt dan penggunaan regeneratif brake juga bisa dilakukan.

Lewat model ini, VW memang sedang menjajaki beberapa kemungkinan model bisnis skuter listriknya. Kemungkinan besar akan disewakan seperti yang dilakukan pabrikan sepeda motor listik di Jepang.

Rasanya VW akan mengesampingkan penjualan langsung skuter listiknya dengan alasan pasar skuter listrik di Cina sudah cukup ketat. "Saat ini ada 20 juta skuter listrik yang dijual di China," ungkap Loasby seperti disampaikan Autocar.

Dengan menyewakan, harapannya VW bisa tetap menjaga sisi premium pada skuter listriknya ini. Baik secara produk maupun pelayanan dan perawatannya. Bila pada tahun 2012, model penyewaan ini bisa berjalan dengan baik, maka peluncuran skuter listrik ini di seluruh dunia bisa mengikuti.

(motorplus-online.com)

No comments:

Post a Comment