Friday, May 27, 2011

Tips Merawat Velg Agar tetap Kinclong

Tips Merawat Velg Agar tetap Kinclong

Meski kerap bersentuhan dengan debu dan tanah, ban dan velg tetap menjadi bagian penting yang mempengaruhi tongkrongan mobil Anda. Velg yang kotor dan kusam pasti akan mengurangi penampilan eksterior.
Karena itu perawatan ban dan velg musti dilakukan. Caranya, Jangan mencuci mobil yang baru selesai dikendarai, karena velgnya pasti masih panas dan jika terkena air akan menimbulkan jamur. Tunggulah beberapa saat sampai velgnya dingin.

Sebelum membersihkan velg dan ban, bersihkan dulu ruangan dalam fender/spatbor agar kotoran yang menempel tidak jatuh mengotori ban dan velg.

Saat memberihkan velg, gunakanlah shampo mobil dengan spon yang bersih dan lembut. Gunakan kuas untuk membersihkan bagian sudut yang sulit dijangkau. Bisa juga memakai sikat gigi bekas.

Khusus velg berkrom, sebaiknya gunakan cairan khusus krom untuk memperawet lapisan krom dan menjaga kilapnya. Namun jika tak ada cairan khusus krom, bisa gunakan sabun cuci piring cair untuk mengangkat noda minyak pada lapisan krom.

Jika terdapat noda bekas aspal, bersihkan dengan cairan tar remover, bisa juga menggunakan minyak kayu putih, namun harus langsung dibilas dengan sampo mobil agar tak merusak cat. Hindari juga menggunakan bensin karena dapat merusak cat.

Setelah iitu, keringkan dengan chamois atau lap micro fiber. Gunakan wax khusus untuk permukaan krom, atau yang lebih murah taburkan bedak pada permukaan yang berlapis krom lalu gosok dengan lap bersih untuk mempertahankan kilaunya.

Untuk ban, siram dengan air bersih dan disikat untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Setelah itu gunakanlah semir ban secukupnya untuk mengembalikan warna hitam seperti baru.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment