Friday, April 15, 2011

Astra Honda Motor Punya Pabrik Velg Racing Sendiri

PT Astra Honda Motor (AHM) tak lagi sepenuhnya bergantung pada suplier untuk memenuhi kebutuhan velg sepeda motornya. Sebab, produsen sepeda motor Honda di Indonesia itu telah memiliki pabrik sendiri berlokasi di kawasan industri MM2100 Cikarang Barat yang diresmikan beberapa hari lalu.



"Pengoperasian fasilitas pabrik ini diharapkan bisa memenuhi keinginan pasar akan kebutuhan cast wheel dan mencapai tingkat efisiensi yang maksimal dengan kualitas yang terbaik," ungkap Wakil Presiden Direktur PT AHM Johannes Loman.

Lokasi pabrik velg racing ini di sebelah barat pabrik ke-3 AHM, berdiri di atas tanah seluas 30.177 meter persegi dengan luas bangunan 14.760 meter persegi. Hebatnya, pembangunan casting wheel ini merupakan fasilitas in-plant pertama di dunia yang teknologinya dikembangkan oleh Honda sendiri.

AHM merasa perlu membangun pabrik yang investasinya mencapai 30 juta dollar AS itu lantaran produksi meningkat, selain itu mengurangi ketergantungan dari para vendor, dan dapat memenuhi kebutuhan selera konsumen. Dengan demikian, AHM akan tetap dapat mempertahankan posisi pemimpin pasar sekaligus trend setter sepeda motor di Indonesia.



Untuk tahap awal ini, kapasitas produksi ditargetkan sekitar 250.000 unit velg per tahun. Selanjutnya, produksi akan ditingkatkan lagi menjadi 500.000 set per tahun. Permintaan velg model racing meningkat dibanding model jari-jari. Dari hasil penjualan 2008, 60 persennya menggunakan velg racing. Bahkan, beberapa model Honda, seperti Vario dan Tiuger, saat ini hanya tersedia model velg racing.

http://otomotif.kompas.com/read/2009/05/04/11365021/Astra.Honda.Motor.Punya.Pabrik.Velg.Racing.Sendiri

No comments:

Post a Comment