Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Thursday, April 28, 2011

Honda S90, Lebih Cilong Dari aslinya


“Motor ini lebih keren dan kinclong  dibanding ketika pertama keluar. Karena sempat punya pada zaman dulunya,” kata seorang Kakek yang menyapa Oto-Trendz kala mengabadikan Honda S90 milik Timothy Aditya ini.

Itu karena sport Honda yang memiliki mesin tidur ini sudah mengalami restorasi! Terlebih soal konsep. Bermain kinclong dengan sentuhan krom. Makanya, pacuan milik siswa kelas 1 SMU Pangudi Luhur, Jakarta ini tampil memikat sang kakek yang tidak ada hubungan darah.

Tema café racer coba diterapkan! Tapi, ubahan yang dilakukan tidak ekstrem. Bahkan dimensi genre café racer sendiri jauh dari pakem. Yaitu, tangki dan mesin harus berkapasitas besar.

"Dimensi yang kecil bikin semakin unik. Fokus modifikasi hanya terletak disatu sisi. Tinggal memainkan detail yang jadi kunci satu ubahan. Karena didukung rangka beda dari yang lain,” bilang Yusuf Abdul Jamil alias Ucup bersama Rio Hermawan Baskoro. Keduanya, modifikator yang mengerjakan motor ini di teras rumah mereka. Makanya, workshopnya dikasih nama Pistone Terasse.

Ubahan paling kental tentu di undertail. Karena memang khas café racer terdapat pada bagian ini. Bentuknya juga disesuaikan besarnya tangki dan berbahan dasar pelat galvanis. Jadi, tidak memaksakan harus besar.

Buntut tawon, aplikasi jok single. Di sektor ini detail tetap dipertahankan. “Ada space buat sandaran pengendara. Selain itu kalau tidak ada sandaran, buntut tawon terlihat terlalu mendominasi,” tambah Ucup yang juga pengusaha distro tematis motor, Pistone Motorcyclothes Jl. Bangka Raya 8, Graha Obor Jakarta Selatan.

Tidak cukup di situ. Recovery part orisinsl juga dilakukan. Misalnya, spidometer dan tangki lengkap beserta karet juga logo Honda. Tujuannya, menguatkan kesan klasik. Begitu juga sokbreker depan yang masih mempertahankan aslinya. “Sok belakang pakai dari Honda Astrea Grand. Tapi, penutup sok masih asli,” sambung Rio yang berbadan besar.

Pilihan kelir warna cat Silverstone jadi andalan untuk lebih menjiwai motor ini. Sebabe, jarang motor umum mengadopsi kelir yang namanya seperti salah satu sirkuit di Inggris sana. Sementara logo pada tangki, sengaja dibuat warna merah layaknya Honda Mugen. Itu lho, rumah modifikasi mobil Honda.   

(motorplus-online.com)

No comments:

Post a Comment