Monday, April 25, 2011

MotoGP Pertimbangkan Sistem Airbag Alpinestars

F: Daniel Pedrosa (daylife)
MotoGP tengah mempertimbangkan penggunaan sistem airbag atau kantung udara pada setiap kostum pembalap. Penggunaan kantung udara ini untuk meminimalisir risiko akibat terjatuh saat sedang balapan.

Musim ini teknologi airbag sudah digunakan oleh tiga pembalap Repsol Honda, Casey Stoner, Daniel Pedrosa dan Andrea Dovizioso. Ketiganya menggunakan seragam balap yang disediakan oleh produk Alpinestars.

Safety riding tetap menjadi hal terpenting dalam balapan. Dan ketiga pembalap repsol Honda tersebut sudah bisa sedikit lebih tenang saat balapan, karena sistem airbag yang dikembangkan oleh Alpinestars Tech Air.

Perangkat keamanan ini bernama Alpinestars Tech Air Electronic Airbag System. Alat canggih ini bisa memutuskan kapan kantong udara harus keluar mengembang, sesaat sebelum pembalap terjatuh. Alat pikir utama alat ini adalah sebuah microprocessor.

Microprocessor yang disimpan di punggung pembalap, dengan beberapa sensor yang terhubung dengan gerakan setiap pembalap dan juga motor Honda RC212V. Sensor ini dihubungkan dengan teknologi wireless.

Saat-saat sebelum terjadinya kecelakaan atau pembalap terjatuh, sensor akan membaca gerakan janggal yang terindikasi sebelum kecekalaan. Selanjutnya, microprocessor tersebut akan memerintahkan airbag untuk mengembang. Airbag dengan isi campuran gas nitrogen ini akan langsung mengembang dengan kecepatan 45 milidetik.

Alpinestars juga merancang airbag langsung kembali menyusut hanya dalam hitungan waktu lima detik. Ini untuk memudahkan pembalap kembali melaju di lintasan, atau bila ada pertolongan medis. Airbag ini juga dibuat untuk bisa mengembang dua kali dalam setiap balapan.
http://sports.okezone.com/read/2011/04/25/38/449529/motogp-pertimbangkan-sistem-airbag-alpinestars

No comments:

Post a Comment