Monday, April 25, 2011

Honda Mega Pro, Asem Apik Tenan!


Maci si pemilik Mega Pro sempat ternganga begitu melihat besutannya menjadi seperti ini usai dimodif. Jangan kelamaan, Bro! Awas ngiler. "Asem, apik tenan (bagus sekali, Red.). Nggak nyangka hasilnya bisa mantap kayak begini," kagum Maci kala itu setengah mengumpat tapi tetap puas pada hasil akhirnya.

"Model KTM Stunt ini seakan hasil kombinasi dari motor bergaya supermoto dan streetfighter. Wah, mantap pokoknya," beber Gondez sapaan gaul Danang selaku modifikator.

Untuk urusan begini, Gondez terbilang si raja tega. Untuk memuluskan aksinya ini dia mengobrak-abrik sektor rangka. Maklum, jika mau dibandingkan, basis rangka Mega Pro memang jauh berbeda dengan milik KTM Stunt. "Ketimbang bingung, mending sektor ini dibabat habis. Terutama buritan yang sengaja dibuang. Yang tinggal hanya main frame," bilangnya.

Rangka asli buritan milik Mega Pro memang terlalu landai. Setelah dikurangi langsung diganti pakai pipa tubular berukuran 3/4 dim. "Desain rangka buritan baru ini dibuat nungging sesuai karakter belakang pada KTM Stunt," ucap brother yang punya workshop di Jl. Gubernur Suryo Gg IV/17, Jombang.

Builder hitam manis ini juga menambahkan otot di sektor rangka bagian samping seputar mesin. Sepintas modelnya mirip rangka KTM Stunt. "Meskipun meniru KTM Stunt, tapi untuk desain rangka tetap dibuat sendiri," beber builder yang lagi-lagi menggunakan pipa tubular ukuran 1/2 inci dipadu 3/4 inci.

Sementara untuk urusan kaki-kaki, Gondez mengaplikasi upside down eks Aprilia RS125. "Perlu sedikit modifikasi lagi pada bagian tabung komstir. Selebihnya, tetap seperti pasang sokbreker pada umumnya.”

Sedikit rada ribet urusannya justru pada swing arm berikut monosok. Karena untuk bisa mengaplikasi arm Cagiva Mito harus sedikit melakukan sentuhan modifikasi. "Terutama untuk as arm yang memang butuh lebih panjang," sahutnya. 
 
sumber,(motorplus-online.com)

No comments:

Post a Comment