Wednesday, April 20, 2011

Mesin Minarelli Yang Serupa Yamaha V-Ixion Ternyata Buatan Indonesia



Pernah dibahas sebelumnya, mesin buatan Motori Minarelli yang serupa dengan mesin Yamaha V-Ixion, dipakai oleh beberapa merek motor di Eropa seperti Rieju dan MH Motorcycle . Dan ternyata, mesin ini dibuat di Indonesia!

Mesin satu silinder SOHC dengan empat klep dan dilengkapi dengan radiator ini diproduksi oleh PT Chemco Harapan Nusantara (CHN) di kawasan industri Jababeka, Cikarang. Bukan hanya komponen tapi mesin secara utuh.

"Masyarakat sebelumnya hanya mengenal CHN sebagai produsen komponen pendukung OEM, seperti rem dan pelek. Padahal kami juga memproduksi mesin motor utuh yang dipasarkan di Eropa oleh Minarelli," ungkap Enton, Marketing Departement PT CHN.

“Sayangnya, pemerintah Italia memberikan proteksi bagi produsen sepeda motor. Undang-undang disana tidak memperbolehkan kami untuk mencantumkan negara pembuat. Jadi, blok motor yang kami buat hanya terdapat kode produksi saja,” ungkap Enton sedikit kecewa tidak bisa membawa nama Indonesia.

Mesin ini memiliki beberapa pilihan kapasitas mesin mulai dari 125cc seperti yang dipakai Rieju dan MH Motorcycle serta Yamaha YZF R125. Lalu ada yang 135cc seperti yang digunakan Yamaha Jupiter MX dan 150cc seperti yang digunakan pada Yamaha V-Ixion.

Motori Minarelli adalah sebuah perusahaan pengembangan mesin sepeda motor yang didirikan sejak 1951. Pada tahun 1995, Motori Minarelli menjadi suplayer mesin untuk Yamaha di Spanyol. Lalu pada tahun 2002, Yamaha membeli saham Motori Minarelli dan menjadikannya pusat pengembangan mesin.

Tapi pada perjalannya, Motori Minarelli juga menjual mesin-mesin buatannya kepada pabrikan-pabrikan sepeda motor kecil di Eropa.

(motorplus-online.com)

No comments:

Post a Comment