Friday, April 15, 2011

Sensasi Lengan Ayun Aprilia Di Tiger


Senang tampilan sport yang sporty, Ahmad Juhri pemilik Tiger 2004 ini langsung menunjuk lengan ayun Aprilia RS125. Tentu buat dipasang di motor kesayangan. “Model sport memberikan sensasi yang lain ketika riding,” kata pria tinggal di Tangerang Selatan itu.


Beruntung bagi Juhri. Soalnya dia kerja sama dengan Ricky Trisniawan, salah satu modifikator yang mengusung tema sport tulen. “Kaki-kaki depan dan belakang diperkuat limbah Aprilia. Tapi, harus banyak yang diubah. Karena perbedaan kedua motor yang sangat signifikan,” buka Ricky yang bengkelnya pakai nama sendiri, Ricky Motor Sport (RMS).

Ubahan di lengan ayun, kudu atraktif dalam proses. Tapi, karena itu pilihan konsumen, Ricky harus bekerja ekstra keras. Terlebih dahulu, mengubah kontruksi swing arm moge asal Italia itu. Sebab model arm Tiger berbentuk huruf H. Sementara Aprilia berbentuk huruf A.

“Sudut huruf A, musti diubah menjadi bentuk huruf H. Ini semata dilakukan untuk menyesuaikan bushing arm milik Tiger,” lanjut Ricky dari workshopnya di Jl. Pajajaran No. 6i, Pamulang, Tangerang.



Setelah itu baru bikin bos atau rumah as dengan diameter 25 mm. Sesuai ukuran rumah as arm Tiger.Itu karena diameter rumah as arm Tiger tidak cukup besar untuk disesaki as arm lengan ayun Aprilia. “Diameter rumah as arm Tiger hanya sebesar 15 mm. Jadi diperbesar 10 mm lagi,” tambah Ricky yang ramah itu.

Langkah selanjutnya, modifikator berbadan tegap ini juga harus membuat jalur rantai. Sebab posisi rantai di arm Aprilia terletak di sisi kanan. So, kudu coak sedikit bagian kiri lengan ayun. “Bentuknya dibikin kotak. Sama seperti aslinya yang di sebelah kanan. Lebarnya, 3 cm,” kata Ricky lagi.

Demi mengejar kesan pacuan sporty sejati, sasis tentunya harus ikut kena rombak lagi. Bentuk buritan, juga dipastikan harus meruncing. Sasis asli tidak dipotong. Tapi, dinaikkan sudutnya. Sekitar 20ยบ dari bentuk standar. Lewat cara ini akhirnya buntut jadi lebih nungging.

(www.motorplus-online.com)

No comments:

Post a Comment