Sunday, April 24, 2011

Honda Siapkan Goldwing Hybrid Berteknologi F1


Setelah Piaggio dan Can Am Sypder yang telah menyiapkan sepeda motor dengan sumber tenaga hybrid, kini ini giliran Honda. Tak tanggung-tanggung, pabrikan sayap ini sedang meriset Goldwing dengan mesin hybrid lho!

Sesuai namanya, mesin hybrid memiliki dua mesin yang bekerja bersamaan. Yaitu mesin bakar konvensional dan motor listik. Nah, untuk Honda Goldwing ini, Honda memilih mesin boxer 4 silinder yang jelas lebih kecil dibanding mesin boxer 6 silinder yang selama ini dipakai.

Penggunaan mesin kompak ini bertujuan untuk menyisakan ruang untuk menampung generator sebagai penggerak yang juga mampu menyerap tenaga kinetik menjadi energi listrik saat dibutuhkan.

Uniknya, moge touring keluaran Honda ini kabarnya mengaplikasikan KERS (Kinetic Energy Recovery System) di sistem hybridnya. Teknologi KERS saat ini sedang banyak digunakan di tim F1 untuk meningkatkan performa. Sehingga kabarnya Honda berniat mematenkan teknologi ini.

Wah, semoga langkah maju dari Honda ini benar-benar terlaksana. Bukan tidak mungkin produsen motor lain bakal tak mau kalah untuk segera membuat motor hybrid. Kalo sudah gitu kan kita sebagai pembeli yang pasti untung! Bukan begitu?

(motorplus-online.com)

No comments:

Post a Comment