Wednesday, April 20, 2011

Skutik Trike Buat Penyandang Cacat



MODIFIKASI sepeda motor tidak selalu dijadikan ajang pamer atau untuk sekedar gagah-gagahan. Merombak dan merubah fungsi sepeda motor menjadi lebih berguna bagi pengendaranya, tentu jadi sisi lain modifikasi yang menarik untuk dicermati.

Seperti dilakukan bengkel modifikasi Kahanan yang sengaja menciptakan sepeda motor roda tiga (trike) untuk orang yang memiliki kekurangan fisik atau cacat. Melalui desain menu modifikasinya, Hario Damar sang konsumennya, dapat menyenangkan hati ayah tercinta yang memiliki kekurangan pada kaki kanannya.

Ubahan dilakukan kru mekanik Kahanan pada Mio Soul lansiran 2008 tidak terlalu neko-neko. Bodi Mio bagian depan dipermak ala kadarnya, sementara buritan roda Mio tidak single lagi, tapi dibuat jadi ada dua. Agar roda belakang dapat bergerak sesuai fungsinya, as roda belakang Mio Soul diganti dengan gear RX-King yang dimundurkan 20 cm dan ditopang as roda belakang sepanjang atau lebar 110 cm.

Sementara untuk stabilitas skutik pabrikan berlambang garputala ini tetap terjaga ketika bemanuver, maka pemutar roda diposisikan pada roda bagian kiri. Hal tersebut diimbangi dengan mengusur ban standar pabrik dan diganti dengan ukuran 12 inchi untuk didapat aklerassi yang baik. Untuk kak-kaki yang sudah berubah, peredam kejut dipakai double shock.

Kemudian agar Mio Trike ini tidak kewalahan saat menemui jalan menanjak, maka sektor dapur pacu dinaikkan kapasitasnya menjadi 150 cc. CDI BRT dan karburator Nsr Sp digunakan sebagai support tenaga, sedangkan untuk menahan putaran roda dipakai rem Suzuki Satria FU 150.

Selanjutnya beranjak ke depan, ubahan mecolok terlihat pada bagian atas terutama sektor kemudi yang tampil lebih panjang. Stang Kawasaki Ninja dengan tipikal panjang ini sengaja diaplikasikan untuk memberikan kenyamanan pengendara sehingga mendapatkan posisi duduk yang tepat pada kendaraan.

Kemudian tahap akhir, sebagai pemanis cat kombinasi putih biru diberikan untuk melapisi bodi skutik ini. Lama pengerjaan modifikasi Mio Soul Trike ini diselesaikan kru Kahanan selama dua bulan, dengan total biaya dikeluarkan tidak lebih dari Rp 15 juta.

http://torsimax.wordpress.com/page/3/

No comments:

Post a Comment