Wednesday, April 20, 2011

Fiat 500 Motore Centrale yang Galak

Fiat 500 yang berbodi kecil ini mampu melejit hingga 245 km per jam. Kecepatan bisa setinggi itu setelah mobil produksi Italia ini mendapat sentuhan dari rumah modifikasi Aznom. Mereka menamakan karyanya yang sengaja dipersiapkan untuk mengikuti pameran tahunan Top Marques di Monaco, itu Aznom Fiat 500 Motore Centrale.


Ditilik dari dua nama terakhir menyiratkan kalau fokus modifikasi lebih pada mesin. Memang, di sini Aznom telah mengubah letak dari jantung pacu asli di depan, dipindahkan ke tengah (ruang belakang). Dengan sendirinya, sistem gerak roda, yang awalnya depan (front wheel drive) ikut pindah jadi ke belakang (rear wheel drive).

Mesin pengganti yang jadi pilihan Aznom diambil dari Fiat 500 Abarth berkapasitas 1.400 cc empat silinder dan sudah dilengkapi turbocharged. Posisinya dipasang agak ke atas di kompartemen belakang karena disesuaikan sama transmisi manual 5 -percepatan.

Setelah disemati jantung pacu baru, tenaga pun langsung melonjak jadi 243 PS dengan torsi 330 Nm. Ketika dicoba berakselerasi 0-100 km perjam, hanya butuh waktu 4,7 detik. Sedang kecepatan maksimum dicapai 245 km per jam.

Tak mau ada korban, untuk meredam kecepatan yang dahsyat (untuk ukuran bodi kecil), Aznom membenahi kaki-kaki. Di antaranya coilover strut depan serta lengan A suspensi belakang. Sokbreker standar diganti Bilstein agar bisa menahan beban mesin.

Setelah stabilitas, giliran kemampuan penghenti laju ditingkatkan. Kedua roda belakang dikasih rem cakram berventilasi, sama seperti bagian depan yang dijepit oleh empat piston kaliper.

Aznom mengklain, Fiat 500 yang kini mempunyai bobot 1050 kg itu, menjadi mobil yang dikendarai tidak membosankan.

http://otomotif.kompas.com/read/2011/04/19/14140694/Fiat.500.Motore.Centrale.yang.Galak

No comments:

Post a Comment