Sunday, April 17, 2011

Chip Yates Jadi Superbike Listrik Terkencang, Top Speed 306 km/jam!



Pada kesempatan yang sama, diukur juga kecepatannya yang mencapai 365 km/jam. Tapi kecepatan ini diraih di atas dyno yang artinya tidak ada hambatan angin, gesekan dengan aspal dan segala gangguan yang benar-benar nyata.

Untuk membuktikan kecepatan sesungguhnya, motor ini dipacu di Mojave dan fantastis! Chip Yates mampu menembus kecepatan 306 km/ jam! Rekor baru untuk sebuah sepeda motor listik di dunia.

Motor ini awalnya dibangun untuk berkompetisi dengan motor balap listrik lainnya. Namun bobot motor yang berlebihan (260kg) membuat motor kalah lincah di tikungan. Padahal performa Chip Yates jauh lebih kencang dibanding motor listrik lainnya.

Fakta inilah yang akhirnya membuat sang pemilik yang juga bernama Chip Yates berubah pikiran. Dari awalnya dibangun untuk balapan sirkuit, kini Chip Yates dikembangkan untuk menghasilkan power sebesar mungkin untuk meraih top speed setinggi mungkin yang dapat dicapai sebuah motor listrik.

Chip Yates mengatakan top speed yang dihasilkan motornya belumlah maksimum. Ia masih terus mengembangkannya, namun yang menjadi masalah adalah boks baterai yang besar. Selain berat, bentuk kotaknya membuat aerodinamika berkurang.

Tapi Chip Yates optimis, motornya dapat berlari menembus angka 200 mph atau sekitar 321 km per jam. Tentunya untuk membuktikan hal ini dibutuhkan trek yang lebih panjang seperti padang garam di Bonneville, Amerika. Seperti apa ya hasilnya nanti?

(motorplus-online.com)

No comments:

Post a Comment