Wednesday, April 20, 2011

MEMILIH KAMPAS KALIPER BUAT DISC BRAKE LUBANG BANYAK

Desain disc brake mengalami perkembangan yang cukup pesat seiring dengan perkembangan modifikasi yang pesat pula. Terutama masalah motif lubang cakram.

Oleh produsennya motif lubang cakram didesain beranekaga ragam selain mengutamakan fungsional, sisi fashionnya juga ditonjolkan. Tampilan disc brake jenis in tak hanya marak di kalangan modif mania atau tapi juga banyak diaplikasi oleh motor harian.

Kali ini otre menanggapi masalah pemakaian jenis kampas kaliper yang ideal buat motor harian ketika memakai disc brake yang memiliki lubang lebih banyak. Sebab, makin banyak motif lubang pada permukaan piringan cakram bidang gesek yang dihasilkan juga makin minim. Apalagi saat musim hujan.

Dari fenomena ini, jenis kampas kaliper disc brake jenis asbes atau non asbes yang paling ideal untuk mendekap piringan cakram motif berlubang banyak ketika musim hujan ?

Prinsipnya, minimnya bidang gesek pada permukaan disc brake maka kampas cakram lebih bagus pakai jenis asbes yang campuran kuningannya minim dan hampir tak ada, saat kondisi hujan. “Dekapan kampas nya lebih optimal, sebab posrsi dekapan cakram diback up oleh asbes yang memiliki unsur kasap,” urai Antok mekanik nya Aneka Jaya Motor di Rungkut Kidul Industri 10, Surabaya.

Beda dengan kampas cakram non asbes yang memiliki campuran serbuk kuningan lebih banyak, keberadaan serbuk kuningannya, dipastikan lebih licin saat mendekap permukaan cakram. “Apalagi pada permukaan cakram yang memiliki bidang gesek lebih minim dengan lubang banyak,” tunjuk Antok.

Tapi ketika kondisi kering, pemakaian kampas cakram jenis asbes lebih mudah habis. Sebab, motif lubang pada permukaan cakram nya lebih mudah untuk mengikis permukaan cakram. “Dibanding dengan kampas non asbes yang memiliki bahan lebih awet dalam hal ini campuran tembaga, untuk menghadapi gesekan dengan motif lubang pada permukaan cakram,” jelasnya.

Secara fungsi, pada kondisi kering, kampas non asbes dan asbes, memiliki tingkat pengereman yang sama-sama bagusnya. Terkecuali saat kondisi hujan saja.

Maka, saat melakukan penggantian kampas cakram, khusus buat jenis cakram dengan motif lubang banyak, sebaiknya memakai kampas cakram jenis asbes. “Meskipun di musim kemarau lebih mudah habis, tapi kampas cakram jenis ini juga ideal saat musim hujan,” Anto memastikan.

http://www.ototrend.com/index.php?option=com_content&view

No comments:

Post a Comment