Thursday, April 14, 2011

Suzuki Shogun 125, Arashi Sporty


Aslinya motor ini Suzuki Shogun 125. Tapi, begitu sekilas memperhatikan bentuk bodi, banyak yang mengira ini Arashi 125. Itu lho produk Suzuki yang desainnya terinspirasi moge yang dicirikan pada lampu depan.

"Memang modifikasi bodi awalnya kepikiran pakai Arashi," kata Made Ambhara, juragan rumah modifikasi M1 yang menggarapnya.

Ide tadi dituangkan pada bodi motor bagian depan, termasuk head lamp. Tapi, pengaruh Arashi hanya cukup sampai di situ alias dalam urusan bodi. "Sebab bentuk lainnya mengacu ke desain yang sangat sporty, pakai sedikit bodi Arashi tadi supaya masih ada unsur Suzuki-nya," kata Made menerangkan.

Konsep sporty
yang dipikirkan oleh pria bertubuh subur ini adalah desain bodi yang meruncing di bagian belakang. "Mengacu pada tampilan motor balap seperti MotoGP. Tapi tentunya sudah disesuaikan dengan dimensi rangka Shogun," ungkapnya lagi.

Secara rangka hampir tidak ada ubahan berarti. Masih tetap mengoptimalkan rangka asli. Kondisi ini akhirnya hanya menggunakan single sitter. Ada hal yang unik di sini. Untuk mengisi bensin sekarang tidak perlu angkat jok karena lubang pengisian sekarang sudah ditempatkan pada bagian depan jok.

"Untuk tangki masih pakai yang asli. Hanya ditambahkan corong ke arah depan agar bisa diisi dari depan," beber pria yang juga menekuni bisnis ekspedisi ini.


Konsep sporty lain ada pada penggunaan sokbreker tunggal di belakang. "Sebabkalau masih menggunakan dua sok seperti aslinya, ya dirasa masih kurang. Makanya aplikasi yang satu,"

Susah? Sepertinya Made ogah repot untuk urusan peredam kejut ini. Dia juga tidak mau repot mengakali dudukan di lengan ayun. "Ketimbang pusing, akhirnya dipilih arm variasi yang memang sudah dibuat untuk monosok," ungkap penggemar sea food ini.

Dengan ubahan bodi yang sudah total ini Made tetap enggak mau kehilangan identitas motor. Buktinya tulisan Shogun masih terlihat begitu jelas mengisi bodi samping motor. Shogun dilawan!

(motorplus-online.com)

No comments:

Post a Comment