Wednesday, April 13, 2011

Tips Memilih Helm yang sesuai

Tips untuk memilih Ukuran Helm yang sesuai dengan ukuran kepala kita. Mengukur Helm tidak bisa asal-asalan, asal masuk kepala, ukuran sudah dianggap pas, sesuai kepala pemakai.
Beberapa Manufacturer (pabrikan) helm sudah memberikan panduan ukuran helm sesuai ukuran lingkar kepala biker. Dari ukuran lingkar kepala biker akan diketahui ukuran helm yang sesuai. Akan lebih baik bila anda mencoba terlebih dahulu helm tersebut sebelum membeli.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih /sewaktu mencoba ukuran helm :

sewaktu mencoba kencangkan chinstrap (pengikat helm)

1. Bagian dalam samping helm harus dirasakan menekan pipi, terasa agak kencang, tapi masih dalam batas kenyamanan pemakai.
2. Gelengkan kepala ke kanan dan ke kiri, helm harus tetap mengikuti. Sedikit saja ada gerakan yang mengganggu, besar kemungkinan ukuran helm kebesaran.

3. Pandangan kedepan usahakan tetap fokus saat helm dipakai. Tidak terganggu baik oleh bentuk helm, maupun tekanan yang ada dikepala. Tahan sekitar 30 detik. Kalau pelipis terasa sakit, maka helm itu terlalu kecil / kurang pas.

4. Coba selipkan jari anda antara busa dan kepala anda, apabila jari masih bisa masuk maka helm tersebut terlalu besar.

5. Bila helm yang akan anda beli adalah helm full face, periksa apakah dagu anda terlindung oleh bagian helm jika dagu anda masih menonjol/tidak terlindung helm maka helm tersebut terlalu kecil

5. Dorong bagian helm ke atas dari depan dan belakang, kalau sangat mudah lepas dan dapat dimiringkan melebihi 45 derajat, berarti helm terlalu longgar. Andai saja terpelanting saat dipakai, pasti pelindung kepala ini akan lepas.

Berikut ini adalah standard ukuran helm berdasar lingkar kepala:
Lingkar kepala Ukuran Helm
53-54cm XS
55-56cm S
57-58cm M
59-60cm L
61-62cm XL
63-64cm XXL
65-66cm XXXL (emang ada ya?)

from-hasil copas dari surfing internet..(ane lupa darimana) buat original authornya: Terima kasih, semoga Allah memberikan balasan yang besar atas amal baiknya..

http://www.motorbagus.com/

No comments:

Post a Comment