Thursday, April 21, 2011

Silinder Head 4 Klep Untuk Yamaha Mio, Cuma Rp 4 Jutaan


Sebelumnya pernah ada paket silinder head DOHC 4 klep untuk Yamaha Mio. Dasyat, tapi sayang harga jualnya mahal, mencapai Rp 20 jutaan. Nah, kali ini ada lagi yang menawarkan silinder head 4 klep untuk Mio tapi dengan harganya lebih hemat.

Mereknya Kawahara, hanya dijual Rp 4,5 jutaan. "Itu masih bisa nego loh," ungkap Ergus Oei dari R-59 Racing yang menjajakan racing part ini. Bedanya, head silinder ini masih SOHC, tapi sudah 4 klep.

Konstruksi klepnya mirip Yamaha V-Ixion atau Jupiter MX. Satu camshaft atau noken as, tapi punya rocker arm yang bercabang. Tiap rocker arm bertugas membuka-tutup dua klep.

"Paketnya lengkap, head silinder dengan isi-isinya. Tinggal pasang," jelas mantan pembalap road race ini. "Tapi bagusnya untuk Mio yang sudah bore up. Kalau enggak bore up, kubah klepnya enggak cukup," jelasnya.

"Idealnya yang sudah 200cc," saran Ergus yang juga pemilik tim balap yang turun di Indoprix. Toh kalau enggak bore up jadi mubazir, suplai bahan bakar deras tapi ruang untuk melakukan pembakarannya tidak optimal.

Sayangnya perangkat silinder head ini belum dilengkapi dengan repair kit. Jadi kalau ada kerusakan noken as atau part lainnya bingung deh? "Saat ini belum ada, tapi akan menyusul dalam waktu dekat," yakin Ergus yang bengkelnya terletak di Jl. Dewi Sartika, Ciputat, Tangerang.

(motorplus-online.com)

No comments:

Post a Comment