Friday, April 15, 2011

Sora, "Cafe Racer" Listrik dari Kanada

Sementara produsen besar masih ogah memproduksi sepeda motor listrik yang menarik secara massal (alasannya harga mahal), perusahaan kecil justru berlomba-lomba memperkenalkannya. Salah satunya dari yang nun jauh di sana, di Kanada, Lito Green Motion.


Produsen ini memperkenalkan sepeda motor listrik bergaya café racer atau street fighter dengan penampilan yang menarik dan sporty yang diberi nama Sora. Secara teknologi, sepeda motor ini diakui hebat dan canggih karena dikembangkan oleh sekelompok kecil orang yang sangat menyukai sepeda motor.

Teknologi andalan dari Lito adalah fairing atau tameng bodi dari serat karbon. Adapun rangkanya dibuat dari aluminium. Hasilnya, sepeda motor ini menjadi ringan. Total bobot, termasuk baterainya, adalah 240 kg.

Performa
Dengan mengandalkan baterai lithium-polimer 12 kWh dan motor listrik tipe induksi AC tiga fasa serta berpendingin air, Sora diklaim bisa dipacu mencapai kecepatan maksimum 200 km/jam. Kalau baterai terisi penuh, (dicas 8 jam), sepeda motor ini bisa buat menelusuri jalan 300 km.

Tenaga yang dihasilkan motor listrik tidak disebutkan. Namun, torsi yang bisa diperoleh dari 0 ke 6.000 rpm pada roda bisa mencapai 960 Nm. Tenaga mesin dipindahkan melalui transmisi CVT. Hasilnya, kemampuan memindahkan daya jadi lebih efisien. Kendati demikian, Lito belum menyebutkan kemampuan sprint sepeda motor ini.

Jok Otomatis
Sebagai sepeda motor sport untuk gaya, baik di dalam kota maupun dikebut di luar kota, fitur menarik dari motor ini adalah ketinggian atau posisinya yang bisa disetel. Hebatnya lagi, penyetelan bisa dilakukan sembari memacunya, hanya dengan menekan tombol. Hasilnya, ketinggian sadel bisa diubah dari 750 mm menjadi 850 mm atau sebaliknya.

Butuh dua tahun bagi Lito untuk mengembangkan sepeda motor ini. Dijelaskan juga bahwa suspensinya diadopsi dari komponen yang biasa digunakan pada superbike. Untuk mengontrol kerja sepeda motor ini, Lito merancang sendiri sebuah komputer. Dalam hal ini, Lito termasuk hebat. Sora dilengkapi dengan GPS secara built-in dengan layar 5,7 inci. Aplikasi dari perusahaan tersebut bisa dipindahkan ke komputer GPS dari komputer melalui USB.

Untuk mengisi baterai, pemilik tinggal mencolokkan steker ke stop kontak yang sudah disediakan pada sepeda motor ini. Untuk memperlambat lajunya, dipasangkan rem cakram depan dan belakang. Untuk depan, kalipernya punya 4-piston, sedangkan belakang dua.

Yang menjadi banyak kendala tentu saja adalah harganya. Lito di Quebec dibanderol 42.399 dollar Kanada atau Rp 380 juta!

sumber,kompas otomotif

No comments:

Post a Comment